Pages

Senin, 24 April 2017

Bahan Bonsai

Banyak orang awam atau pemula dalam dunia bonsai yang tertarik dengan tanaman bonsai kemudian membeli bonsai. pada hari - hari pertama kita masih asyik dan sangat menikmati dengan bahan bonsai tersebut sampai dengan beberapa minggu atau bulan kedepan. Setelah itu masah akan mulai timbul dengan tanaman bonsai tersebut, dari mulai tumbuh cabang cabang pohon baru, kemudian tunas tunas baru, selain itu apabila kita beli bahan bonsai

tanpa kawat maka bentuk akan mulai berubah. bukan hanya itu kondisi tanah yang cuma dipupuk tanpa di ganti serta jumlah akar yang semakin banyak meyebabkan media tanam menjadi kurang baik buat tanaman bonsai tersebut.

Untuk itu ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang perawatan tanaman Bonsai agar bahan bonsai yang kita beli dan kita harapkan menjadi bonsai yang sesuai dengan keinginan kita. perawatan perawatan yang dibutuhkan jugatidak terlalu rumit dan membutuhkan waktu kusus seperti pada perawatan hewan peliharaan yang membutuhkan waktu kusus dan dilakukan setiap hari.sedangkan pada tanaman kita hanya membutuhkan penyiraman dan pemupukan berjangka waktu yang lumayan lama. Perawatan - perawatan yang harus dilakukan adalah :
1. Mencintai atau menyayangi tanaman bonsai kita.
    ini adalah faktor utama untuk memelihara tanaman bonsai, Dengan mempunyai rasa sayang kepada tanaman maka akan timbul dalam diri kita untuk memrawat dan memelihara tanaman itu sepenuh hati. sehingga kita akan memperlakukan tanaman seperti mahluk hidup lainnya, karena tanaman walaupun tidak bisa berteriak tetapi tetap membutuhkan asupan makanan dan udara yang cukup untuk kelangsungan hidupnya.
2. Media Tanam
    Untuk sekarang ini banyak sekali dijual media tanam di pasaran yang sudah siap pake tanpa perlu kita bersusah panyah untuk mencampurnya. sehingga media tanam yang kita beli sudah siap pakai untuk mengganti media tanam yang sudah kurang subur. Menurut Rudi Najoan dalam bukunya  " Seni Bonsai Indonesia hal 87. media tanam bonsai terdiri dari :
     a. Tanah
         Salah satu bahan media tanam bonsai, dengan ciri gembur dan mudah terurai bila dipadatkan              dan mempunyai ph 6 - 6.5 , dan yg terbaik adalah tanah lapisan atas  di daerah dataran tinggi.
     b. Pasir Vulkanik
         Material yang terdapat didaerah gunung berapi berbentuk butiran halus dan kasar berwarna                  kehitaman dengan ciri mudah menyerap air dan banyak mengandung maneral.
     c. Pupuk Kandang
         Pupuk kandang yang baik adalah pupuk kandang yang berasal dari hewan atau binatang berkaki          empat seperti kambing , sapi, kelinci dll , karena pupuk kandang bersifat organik dan                            mempunyai daur ulang yang cukup lama dibanding dengan pupuk kandang dari jenis unggas.
     d. Kompos
         Kompos berasal dari hijauan daun yang masih segar karena masih banyak mengandung zat                  hijau daun atau klorofil.
     e. Kapur Dolomit.
         kapur Dolomit berfungsi untuk menetralisir PH dan mempercepat proses pembusukan
3. Prunning Atau Pemotongan Daun.
    Tanaman Bonsai yang kita beli harus dilakukan pruning atau pemotongan daun dan ranting yang berguna untuk untuk mengarahkan bentuk dan mengembalikan bentuk seperti semula dan juga untuk merangsang tumbungnya daun2 yang lebih segar . untuk hal ini saya karena masih pemula dan masih dalam tahap penikmat dan penggemar bonsai maka saya akan memimta tolong kepada master master bonsai sehingga tidak akan terjadi kesalahan yang bisa merusak bentuk dan arah dari bahan bonsaim yang kita beli.
4. Pemberian kawat.
    Ada tanaman Bonsai yang harus menggunakan lilitan kawat dan adapula yang tanpa lilitan kawat.
5. Pemeliharaan
    Dalam penempatan tanaman Bonsai  kita juga harus memeperhatikan beberapa unsur diantara, angin, sinar matahari yang penuh dan penyiraman air yang cukup.
inilah sekelumit hal hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara tanaman bonsai yang kita cintai ini. dengan memelihara bonsai di halaman rumah kita setidaknya disamping kita menikmati keindahannya kita juga menikmati udara atau oksigen yang bebas polusi di halaman rumah kita sendiri.

Salam Petani Oksigen


Pemupukan Bonsai

Memberikan pupuk kepada tanaman Bonsai sangatlah penting apalagi pada saat masa perkembangan, baik untuk perkembangan batang akar dan daun. ...

Arsip Blog