Pages

Minggu, 30 April 2017

Cara Memilih dan Membeli Bonsai



Ketika kita terpikat dengan keindahan Bonsai, maka dalam hati kecil, ingin segera memiliki atau membeli Bonsai tersebut. Alangkah baiknya sebelum kita membeli tanaman bonsai, pikirkan hal hal berikut terutama bagi pemula dan penikmat bonsai.
Karena banyak penikmat bonsai awan yang membeli tanaman tanpa mempertimbangkan faktor iklim tropis kita, terus tanaman dalam ruangan ( indoor bonsai ) atau tanaman luar ruangan ( outdoor bonsai ) dan pada akhirnya tanaman itu layu atau mati karena kurang tepat dalam perawatan dan penempatkan tanaman yang kita beli dengan harga cukup mahal.
Beberapa Faktor yang perlu kita tanyakan kepada penjual tanaman diantaranya
Asal Bonsai
Ini berkaitan saat kita membeli tanaman, apakah tanaman itu cocok dengan iklim tropis di Indonesia, dan apakah sudah dibudidaya, karena kadang dengan iklim tropis kita ini, akan merubah warna daun atau bahkan tidak cocok kalo belum dibudidaya di Indonesia, Sebagai penikmat bonsai pemula seperti saya, akan lebih baik memilih tanaman asli Indonesia atau berasal dari daerah tropis kalo memang ingin bahan bonsai yang impor.karena akan lebih mudah merawatnya dan menikmati tumbuh kembang bonsai.
Bonsai Ruangan ( Indoor Bonsai )
Ada beberapa jenis tanaman yang bisa hidup didalam ruangan bahkan ada beberapa jenis tanaman yang terkena sinar matahari langsung yang cukup lama akan layu dan kemudian mati. Hal ini perlu kita tanyakan kepada penjual sebelum kita membelinya. Sehingga kita bisa memilih bonsai yang sesuai dengan keinginan kita, apakah di dalam ruangan atau di halaman rumah. Bonsai ruangan tidak banyak membutuhkan sinar matahari langsung, dengan cahaya sudah cukup untuk pertumbuhannya. . Insya Allah akan saya bahas di lain waktu tentang perwatannya.
Bonsai Taman ( Outdoor Bonsai )
Bonsai taman adah sebuah tanaman Bonsai yang sangat baik dan indah di tempatkan di halaman rumah, disamping karena keindahannya bonsai jenis ini juga membutuhkan sinar matahari langsung sepanjang hari.dan biasanya tanaman - tanaman yang berasal dari daerah tropis yang mendapat matahari penuh sepanjang tahun. Apalagi kita yang tinggal di daerah tropis , banyak sekali tanaman yang bisa kita jadikan bonsai dan sangat bagus untuk ditaruh dihalaman rumah kita
Untuk para penggemar bonsai sebelum membeli bonsai ada baiknya kita tanyakan asal tanaman dan juga apakah bonsai ini kusus dalam Ruangan ( indoor Bonsai ) atau Bonsai Taman ( outdoor Bonsai )

Salam petani oksigen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Bonsai

Memberikan pupuk kepada tanaman Bonsai sangatlah penting apalagi pada saat masa perkembangan, baik untuk perkembangan batang akar dan daun. ...

Arsip Blog