Pages

Sabtu, 06 Mei 2017

Pemupukan Bonsai


Memberikan pupuk kepada tanaman Bonsai sangatlah penting apalagi pada saat masa perkembangan, baik untuk perkembangan batang akar dan daun. pada tanaman yang tumbuh bebas di alam liar, akar akarnya dapat mencari makanan menjalar ke segala arah, sedangkan bonsai merupakan tanaman yang hidup di sebuah pot yang kecil dengan ruang lingkup yang sangat terbatas.sehingga sangat penting untuk selalu memberi pupuk atau makanan kepada tanaman bonsai kita tercinta.
Kapan Memberi Pupuk Bonsai Kita ?
Pemupukan dilakukan pada saat masa perkembangan, atau masa pembentukan bonsai ,dan apabila tanaman bonsai ruangan bisa dipupuk sepanjang tahun, ada beberapa pendapat yang mengatakan apabila kita mengganti pot atau tanaman kurang sehat agar jangan dipupuk dulu sampai tanaman sehat atau sekitar satu bulan setelah pindah pot dan tanaman bonsai kita sudah bisa beradaptasi dengan pot baru.
Bahan Dasar Pupuk
Bahan dasar pupuk adalah Nitrogen (N), phospor (P) dan Potasium (K) atau biasa di kenal NPK. dan banyak dijual di toko toko pertanian. Banyak juga yang menggunakan pupuk kandang atau organik, baik dari sapi , kambing atau unggas. Menurut beberapa orang lebih baik menggunakan pupuk kandang dari sapi atau kambing daripada pupuk kotoran unggas. pupuk kotoran hewan berkaki empat lebih mudah membusuk daripada pupuk dari unggas dan sekarang banyak juga di jual pupuk organik yang berupa cairan dengan bahan dasar ikan.sehinngga lebih mudah pemakaiannya dan penyimpanannya.
Bagaimana Cara Memberi Pupuk pada Bonsai ?
Memupuk tanaman  Bonsai Anda menggunakan pupuk yang diproduksi dari pabrik maka  jumlah dan frekuensi dapat dilihat pada Kemasan pupuk. Anda dapat memilih untuk mengurangi kuantitas yang dianjurkan sedikit untuk pohon-pohon yang tidak dalam pelatihan lagi, untuk menyeimbangkan pertumbuhan mereka bukannya merangsang. Bila menggunakan pupuk padat ada baiknya menggunakan tempat kusus untuk memastikan bahwa pupuk tetap di tempat. Jangan pernah memberi pupuk secara berlebihan terhadap  pohon-pohon Anda, karena akan sangat fatal akibatnya kepada kesehatan pohon bahkan bisa menyebabkan pohon layu atau mati. Akan lebih mudah dan aman bila kita menggunakan pupuk organik.

#Salampetanioksigen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Bonsai

Memberikan pupuk kepada tanaman Bonsai sangatlah penting apalagi pada saat masa perkembangan, baik untuk perkembangan batang akar dan daun. ...

Arsip Blog