Pages

Kamis, 27 April 2017

Cara Membentuk Tanaman Bonsai

Saat  kita akan membentuk sebuah tanaman bonsai, yang paling menjadi perhatian dan fokus kita adalah bentuk dari tanaman itu. sehingga kita terlalu asyik mengarahkan bagaimana bentuk pohon kedepannya.

Setelah saya baca beberapa literatur ternyata hal itu kurang tepat, karena dalam membentuk sebuah tanaman atau pohon bonsai sesungguhnya dari yang paling dasar yaitu akar. 

Akar
Dengan menyusun atau menata akar dari awal maka tanaman kita akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan posisi akar, maka pertumbuhan tanaman bonsai akan menjadi seimbang. Setelah tumbuh dengan baik dan kita akan mengarahkan pertumbuhan patang dan cabang utama maka kita juga harus mengurangi jumlah akar sesuai dengan arah tumbuh yang kita harapkan .

Seperti pada bagian atas pada bagian bawah juga terdapat bagian bagian pertumbuhan yaitu batang akar, cabang akar, ranting akar, anak ranting akar, bulu akar dan  tudung akar atau kanopi akar.

tumbuh dan berkembangnya bagian bawah juga akan di ikuti dengan tumbuh dan berkembangnya bagian atas.
Bagaimana kita membentuk akar maka pohon akan mengikuti kemana arah gerak akar yang ada dibawah maka arah cabang dan ranting akan mengikuti.
Batang
 adalah bagian tumbuhan dari pangkal akar sampai ke cabang pertama. seskali mungkin kita bisa liat dengan membuka pot berak batang , yaitu ketika akar tunggang panjang kebawah kemungkinan juga batang akan memanjang ke atas, Maka saat kita memotong akar tunggang, pertumbuhan batang akan terhenti dan dimulailah tumbuh cabang cabang di sekitar batang. kemudian akan berkembang menjadi anak cabang, rannting, anak ranting, bulu ranting dan kanopi, semakin halus bulu akar, maka akan semakin halus bulu ranting dan kanopi bonsai kita,

Sehingga pada awal awal tumbuh , tanaman atau pohon daun daunnya akan tumbuh besar dan melebar, karena hal ini di pengaruhi oleh gerak tumbuh akar.

Bagaimana bentuk dari cabang sebuah pohon nanti akan saya bahas selanjutnya.
Cabang Ranting dan Mahkota
Setelah akar, batang  dan cabang utama kita bentuk.maka langkah selanjutnya adalah membentuk anak cabang, ranting, anak ranting,  bulu ranting dan mahkota atau kanopi.  Sebelum Kita melangkah membentuk kanopi, atau mahkota, maka sebaiknya kita membentuk arah gerak dari cabang dan ranting  kemudian bulu ranting. Irama dari gerak dan arah bagian atas yaitu cabang , ranting dan seterusnya itu juga terjadi pada bagian akar. maka sering terjadi kita mengharapkan perkembangan cabang dan ranting menuju arah B, tetapi ketika kita repoting dan mengurangi akar, kita membuang arah gerak akar B, maka kemungkinan yang terjadi cabang dan ranting akan bergerak ke arah lain. Disini mulailah timbul khayalan atau imaginasi kita dalam membentuk dan mengarahkan arah gerak dari pohon bonsai kesayangan.

Tetapi selalu diingat agar kita senantiasa memberi pupuk, air, dan meletakkan bonsai ditempat yang tepat. dan terkena sinar matahari yang penuh agar tanaman kita dapat berkembang dengan baik. 

Adapun bentuk dan Arah tumbuh pohon itu tergantung dari selera dan imajinasi masing masing pribadi.
Yang saya bahas hanyalah sedikit berbagi informasi tentang bagaimana arah gerak tumbuh sebuah tanaman secara umum. semoga bisa menjadi masukan buat para pebonsai pemula seperti saya.

#SalamPetaniOksigen,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemupukan Bonsai

Memberikan pupuk kepada tanaman Bonsai sangatlah penting apalagi pada saat masa perkembangan, baik untuk perkembangan batang akar dan daun. ...

Arsip Blog